Pemkab Tangerang Dituding Lamban Penanganan Banjir

Begini Genangan air dilingkungan Kampung Gaga Desa Tanjung pasir Kecamatan Teluknaga Kabupaten Tangerang 

BT, Com. Teluknaga – Wakil Ketua Bidang Lingkungan Hidup KADIN (Kamar Dadang dan Industri) Kabupaten Tangerang Is Farhan, S. Pd,.SH mengungkapkan, ucapan prihatin atas banjir yang terjadi di kawasan pesisir Pantai Pantura Tangerang terlebih untuk warga Teluknaga dan Kosambi.

“Harus diberikan perhatian khusus kepada korban terdampak banjir, jangan sampai ada warga yang mengungsi akibat rumah nya masih tergenang air, karena banjir terjadi saat menjelang menyambut Bulan Puasa Ramadhan, yang tinggal menunggu hari Kamis 23 Maret 2023,” ujar Farhan Selasa 7 Maret 2023 di Kantor KADIN.

Foto istimewa, Is Farhan, S. Pd,.SH

Farhan berharap, Jajaran pemkab Tangerang harus hadir ditengah – tengah masyarakat untuk segera menyalurkan bantuan berupa air bersih dan kebutuhan sembako saat ini benar-benar bermanfaat bagi korban terdampak banjir.

Selain itu, pihak Dinkes diharapkan mendirikan posko kesehatan di titik terparah genangan air.

“Mengingat banjir yang melingkari rumah – rumah warga di pesisir pantai Kosambi dan Teluknaga Kabupaten Tangerang yang rentan dengan penyakit seperti demam berdarah atau diare, “ucap nya.

Ia juga mengkritik lamban tindakan dari pihak Pemkab Tangerang atas pengawasan dan pengendalian pemanfaatan ruang sebagaimana diatur dalam UU Penataan Ruang.

“Mengingat Banjir terus berulang- ulang, “Saat ini, mewakili WKU di Bidang Lingkungan Hidup KADIN, mengkritik Kinerja Jajaran Pemkab Tangerang lalai atas pencegahan perusakan lingkungan dan tanpa melakukan penegakan hukum atas pelanggaran pemanfaatan ruang. harus audit tata ruang kembali, “pungkas nya.

Terpisah Koordinator LSM Gema Palu Kabupaten Tangerang Dudung Sukandar mengatakan, Banjir disebabkan hilangnya serapan air di wilayah pesisir utara karena dampak pembangunan mega proyek di pesisir utara Tangerang.

“Oleh sebab itu Amdal perlu dikaji ulang, penghentian alih fungsi lahan serta tata ruang musti di audit,”Ujar Dudung pada Selasa 7 Meret 2023

Lebih lanjut Dudung menegaskan, berkaitan dengan pembangunan yang dilakukan selama ini apakah sesuai atau bahkan menyimpang dari tujuan rencana tata ruang dan wilayah yang direncanakan.

“Bila mana pemerintah tidak segera melakukan tindakan Revisi AMDAL dan penghentian alih fungsi lahan yang menggerus lahan perikanan dan pesisir. “Sebagai Koordinator LSM Gema Palu, akan melakukan segera Aksi Unjuk Rasa bersama masarakat ke hadapan pemerintah Kabupaten Tangerang Dan Pemda Provinsi Banten,”Tegas Dudung.

Walau demikian ia mendorong pihak pemerintah pusat dan daerah harus fokus melakukan audit.

“Kesesuaian dengan tata ruang dalam lingkup provinsi yang mana telah diamanatkan dalam peraturan presiden, “tandas nya

Jurnalis. : Asep (Kabiro Pantura TGR)
Editor.     : Rohman

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini