Bakal Calon Bupati Tangerang Zulkarnain Mendorong Pemda Pantau Kenaikan Harga Sembako dan Cegah Stunting

PJ Bupati Tangerang Andi Ony Prihartono saat bersama Zulkarnain Ketua KADIN Kabupaten Tangerang.

Jurnalis : rohman
editor.    : fadlun

BULETINTANGERANG.COM, TIGARAKSA –Ketua Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Kabupaten Tangerang Zulkarnain mendorong pemerintah Daerah untuk aktif operasi pasar memantau harga bahan pokok di 18 pasar milik Pemkab Tangerang.

“PJ Bupati Tangerang Andi Ony Prihartono diharafkan lebih mempungsikan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan PD Pasar NKR untuk aktif melakukan operasi pasar dalam pengendalian harga, guna upaya mencegah adanya pihak yang mengambil keuntungan di tengah situasi pergantian tahun 2023 ke 2024,” tutur Zulkarnain di Kantor KADIN Jl. Raya Curug Pos Bitung No.48A, Kadu Jaya, Kecamatan Curug, Jumat 10 November 2023.

Zulkarnain mewanti-wanti kenaikan harga
Sembilan bahan pokok (Sembako) menjelang pergantian tahun, yang terpantau di 18 pasar tradisional dikelola PD Pasar NKR Tangerang,

“Daya beli masyarakat menurun kenaikan Harga beras premium Rp13.500 per kg, harga beras medium Rp 12.500 per kg. harga cabai rawit merah Rp80.000 per kg. harga gula, naik Rp16.520 per kg. Sepekan lalu, harga masih di Rp16.000 per kg. sedangkan harga telur ayam mencapai Rp 30.000. sebelumnya Rp 28 000. “papar nya.

Menurutnya, rendahnya daya beli kebutuhan sembako berdampak angka kasus stunting dikwatirkan akan meningkat, karena daya tahan tubuh anak akan menurun, karena kurangnya asupan gizi.

“Dengan turunnya harga sembako, maka naik daya beli masyarakat dan berpengaruh pada asupan gizi, khususnya anak di bawah lima tahun,” tukas Zulkarnain yang merupakan  bakal maju calon Bupati di Pilkada 2024.

Zulkarnain mengajak,PJ Bupati Tangerang agar mengarahkan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menggunakan anggaran Kominfo bukan hanya untuk iklan dan Advertorial, kegiatan pencitraan.

“Marilah kita bersama mencegah stunting, saling bersinergi, berdialog, tentu didukung anggaran yang dikelola oleh pihak Kominfo yang berasal dari uang pajak masyarakat, maka harus dapat dirasakan masyarakat seperti informasi pantauan harga sembako menyosialisasikan pencegahan stunting dengan berbagai cara yang dilakukan oleh OPD pemkab Tangerang, “Pungkas nya.

Sementara PJ Bupati Tangerang Andi Ony Prihartono mengatakan, Dirinya dan OPD sudah melakukan upaya, menstabilkan harga sembako di 18 pasar tradisional dan tempat Komoditi lainya.

“Selain kunjungan kerja (Kunker) ke 18 pasar tradisional, saya juga interaksi dengan Petani, upaya ketersediaan pasokan dalam rangka menyambut Nataru, Karena itu, langkah awal menjaga harga tidak naik, memenuhi pasar dengan stok Komoditi yang cukup, ” ucap PJ Bupati di sela – sela ia mengikuti upacara peringati Hari Pahlawan ke-78 Tahun.

PJ Bupati juga mengakui,ia diintruksikan oleh Pemerintah pusat, untuk serius dalam mengatasi penurunan stunting atau gangguan pertumbuhan dan perkembangan anak.

“Sesuai Instruksi Penanganan stunting harus secara serius, konvergensi, Untuk itu, seluruh OPD Pemkab Tangerang  harus terus bergerak penanganan stunting, ” ujar mantan staf ahli bidang pemerintahan.di Kemendagri tersebut pada (Jumat 10/11/23)

Ditegaskan PJ Bupati Andi Ony, edukasi Pola Hidup Sehat, yang terus menerus diingatkan kepada masyarakat, merupakan cara efektif pencegahan dan mempercepat penurunan stunting di Kabupetan Tangerang

“Edukasi terus menerus, menerapkan pola hidup sehat Secara berkelanjutan, tersistem, keberlanjutan pendampingan dan pengawalan sehingga berbagai kebutuhan gizi bayi balita dan anak stunting dapat dimaksinalkan.maka angka stunting dapat menurun,” tegas nya.

PJ Bupati menambahkan, bahwa percepatan penurunan stunting telah dilakukan pemetaan realisasi dari implementasi penanganan anak anak stunting di Kabupaten Tangerang sudah sejalan sesuai arahan Bapak Presiden

“Dengan kerjasama warga Tangerang mari jaga anak anak kita, dengan pemberian makanan tambahan gizi, khususnya Balita,  Ibu Hamil dengan begitu dapat di pastikan masyarakat Kabupetan Tangerang keadaan  hidup sehat dan cerdas sehingga terbebas dari Stunting, “tandas nya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini