Penataan Pedagang Pasar Ciputat Masih Menyisakan Masalah

Anggota DPRD Provinsi Banten Miris melihat pasar ciputat yang belum juga difungsikan. Sudah hampir 2 bulan sejak serah terima, gedung pasar ciputat yang sudah direvitalisasi, hingga kini masih kosong tak berpenghuni.

Ciputat |BULETINTANGERANG.Com

Maretta Dian Arthanti, Anggota DPRD Provinsi Banten dapil Tangsel, merasa sangat miris sekali melihat kondisi Pasar yang awalnya digadang -gadang akan menjadi iconic kota tangsel setelah direvitalisasi dengan nilai Rp 13 Miliar Justru belum difungsikan.

“Para pedagang sudah sangat resah karena berharap sudah bisa menempati gedung baru pasar itu, setelah 2 tahun “puasa” karena harus dipindahkan dagangannya. Dan pastinya para Pedagang sudah merugi selama 2 tahun,” secara tegas disampaikan Maretta Dian Arthanti,  di Ciputat Sabtu (5/2)

Walau demikian kata Maretta, pihak
Pemkot tangsel tampak nya kurang peka sehingga proses peralihan dan pengaturan pedagang hingga saat ini belum ada kabar maupun sosialisasi yang jelas.

“Makin lama Kok, malah semakin banyak isue -isue meresahkan yang muncul dikalangan pedagang. Hal ini terjadi karena tidak ada kejelasan informasi apapun kepada pedagang mengenai kapan dan bagaimana pasar tersebut bisa difungsikan,” ucap Maretta.

Anggota Dewan dikenal selalu menyuarakan nasip wonk cilik itu menegaskan, Jangan sampai semangat pemkot Tangsel hanya selesai di proyek pembangunan yang akhirnya mangkrak.

“Jangan stagnan direncana saja, namun harus sampai berfungsi dan bermanfaat bagi masyarakat. Seperti halnya kegagalan dalam pengelolaan pasar Gintung /pusat oleh -oleh Tangsel yang sampai saat ini kosong, sepi pedagang dan pembeli jangan sampai terulang lagi, “imbuhnya.

Ia mengingatkan, Pemkot melalui Dinas indag harus mampu membuktikan kinerja yang tuntas, jangan sampai membuat mubazir anggaran. Itu dosa.

“sejak awal revitalisasi, mengikuti perkembangannya, juga membantu menjembatani antara pedagang dengan dinas indag. Namun nampaknya pemkot tidak memiliki kepekaan terhadap nasib pedagang Pasar Ciputat, hingga masalah ini masih belum ada kejelasan,” kritik tajam itu ditujukan Maretta ke Dinas Indag Pemkot Tangsel.

Dikatakan, banyak pengaduan yang diterima lalu, Kunjungan Komisi II Anggota DPRD Provinsi Maretta Dian Arthanti, bersama dengan Pak Dedi dan Bu Yuli selaku pengurus P3C (Perkumpulan Pedagang Pasar Ciputat) pada tanggal 11 Januari 2022 yang lalu di Kantor Dinas Perindustrian dan Perdagangan Tangsel,

“Adapun kunjungan tersebut untuk menanyakan progres pengaturan perpindahan pedagang dan pemanfaatan pasar ciputat yang sudah jadi, namun belum ada kejelasan untuk segera dipindahkan dan dimanfaatkan bagi para pedagang setempat,”tukasnya.

Dalam kunjungan itu, Pak Heru selaku kepala Indag yang baru, menjanjikan setelah pertemuan itu akan segera menindaklanjuti terkait Adminstrasinya maupun Cara perpindahannya. Namun sampai hari ini belum ada juga kabar baik yang datang dari pemkot tangsel khususnya Indag,” ungkap Maretta

Maretta menjelaskan, pikirkanlah nasip orang kecil, para pedagang sangat resah, apalagi sebentar lagi memasuki bulan Suci Ramadhan, merupakan puncak Panen tahunan bagi para pedagang karena ramai pembeli, keuntungan tahunan itu semoga dapat memenuhi ekonomi Kebutuhan Idulfitri atau Lebaran walau dimasa Pandemi Covid- 19

“Namun tampaknya Pemerintah Tangerang Selatan banyak wacana namun kurang Kecakapan Kinerja, pasalnya tidak ada ketegasan dan proses lebih lanjut yang jelas terkait Revitalisasi Pasar Ciputat Ini, padahal Para pedagang sangat berharap sekali, Pasar Ciputat segera bisa ditempatkan karena itu merupakan mata pencarian utama mereka untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari,” tandasnya.

Sementara tak banyak yang dapat disampaikan oleh Plt kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Heru Agus Santoso, mengakui bahwa Komisi ll Anggota DPRD Provinsi Banten bersama perwakilan pedagang pernah berkunjung keruang kerja nya.

“Beliau baru pertengahan bulan kemaren datang ke saya,” ujar Heru.

Heru juga mengatakan, sudah di terima masukan, semua pihak dan sedang dalam penanganan lanjutan

“Saya sudah tampung masukan – masukan Beliau, dan saya sedang persiapkan untuk penanganannya. Insyaallah dalam waktu tidak terlalu lama bisa kami selesaikan sesuai harapan para pedagang,”singkatnya
(Man/Fad)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini