Katar Kosambi Perkuat UMKM, Akselerasi Pemulihan Ekonomi Usaha Mikro

BULETIN TANGERANG.Com, Kosambi – Sebagai wilayah Pantai Utara (Pantura) Kecamatan Kosambi berperan signifikan memulihkan ekonomi Masyarakat Kabupaten Tangerang.

Tampak nya Ikhtiar terus dilakukan oleh Dadang Sudrajat sebagai camat Kosambi terus memperkuat Ekomoni warganya dengan peluncurkan Bank Data UMKM.

Saat ini, Karang Taruna Kecamatan Kosambi telah luncurkan Bank Data UMKM Kecamatan berbasis digital pada program “Katarpreneurship”

Digagas nya Program Bank Data ini, untuk mengetahui jenis dan banyaknya pelaku usaha mikro di seluruh desa dan kelurahan dilingkungan Kecamatan Kosambi Kabupaten Tangerang yang belum masuk inventaris pendataan.

Di bawah kepemimpinan Herdi Rukmana Karang Taruna (Katar) Kecamatan Kosambi, terbilang inten dalam melakukan pembinaan kepada pelaku usaha mikro.

“Pendampingan UMKM karang taruna telah mengadakan pelatihan digital marketing dan kunjungan ke beberapa pelaku usaha di kecamatan kosambi,” ujar Herdi kepada awak media Jum’at (15/07)

Ketua Katar Kosambi Herdi Rukmana mengatakan, Peluncuran Bank Data Kecamatan ini selain untuk melakukan pendataan terhadap para pelaku usaha mikro juga sebagai implementasi program unggulan Bupati Tangerang tahun 2018-2023 tentang produk inovatif dan kreatif (Proaktif).

“Tujuan dari pendataan, merupakan langkah strategis antara karang taruna dengan pelaku usaha mikro yang belum terjamah dan belum terpublikasi, selanjutnya data tersebut akan kami jadikan kebijakan program yang akan di salurkan,” tukas nya.

Ia menjelaskan, sesuai dengan peraturan pemerintah nomor 7 tahun 2021 tentang Kemudahan, Perlindungan, dan Pemberdayaan Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan menengah yakni di bidang Fashion, Kuliner, dan Agro Bisnis.

“Selaras dengan PP nomor 7 tahun 2021. program Katarpreneurship kami meluncurkan Bank Data kecamatan untuk mempermudah pendataan usaha mereka dalam membantu promosi produk dan akses permodalan,” tutur Herdi.

Dikatakan, bahwa Pendataan akan di lakukan secara daring melalui formulir digital di link, https : //forms. gle/ 1ZkVjnvYW7M3Hkks9. tentu adanya link digital ini untuk memudahkan para pelaku usaha dalam melakukan pendaftaran di Bank Data Kecamatan.

“Kami Karang taruna kecamatan kosambi terus berusaha menjalalin kerjasama baik dalam, pemasaran maupun permodalan dengan Dinas Koperasi dan Usaha Mikro dan Menengah Kabupaten Tangerang, “lantas Herdi Berharap, Semoga adanya Bank Data Kecamatan ini pelaku usaha di kecamatan Kosambi lebih maju dan sejahtera,” tutup nya.

Jurnalis : Buletintangerang.com
Oleh. : Asep & Rohman

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini