H.Maskota : Gunakan Dana Desa Untuk Kebutuhan Masyarakat

Foto istimewa : H. Maskota, SE, Ketua Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kabupaten Tangerang

BULETIN TANGERANG.COM, KOSAMBI – Ketua Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kabupaten Tangerang
H. Maskota, SE mengungkapkan, Pemerintah Kabupaten Tangerang melalui dinas Pemdes, membawahi seluruh kepala Desa dan perangkat desa meminta seluruh kepala desa, untuk menyalurkan Dana Desa tepat sasaran dan juga untuk kebutuhan masyarakat dalam membangun desa.

“Dana desa yang dikelola oleh para kades dilingkungan Kabupaten Tangerang, sudah sesuai dengan aturan pemerintah daerah dan juga pemerintah pusat, “Bahkan, sistem pengelolaannya menggunakan sistem aplikasi,” kata H. Maskota, di kediaman nya di Desa Belimbing Kecamatan Kosambi.selesa (30/08/22)

Menurut Maskota, anggaran desa yang dikelola oleh masing-masing kepala desa sudah berjalan dengan baik. “Dana desa digunakan untuk pembangunan desa, dan memenuhi kebutuhan masyarakat sesuai dengan aturan,” tukas nya.

Ia menegaskan, sudah sesuai Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Nomor 7 tahun 2021. tentang prioritas pembangunan dana desa tahun 2022 ada tiga fokus prioritas penggunaan dana desa yaitu :

1. Pemulihan ekonomi nasional
sesuai kewenangan desa,
2. Program prioritas nasional
sesuai kewenangan desa.
3. Mitigasi serta penanganan bencana             alam dan non alam sesuai kewenangan       desa.

“Dari aturan tersebut, sudah jelas bahwa anggaran desa yang dikelola saat ini mengacu kepada kebutuhan masyarakat dan pemulihan ekonomi masyarakat. Karena, selama dua tahun kita dihadapkan dengan pandemi Covid-19,”paparnya.

Dikatakan, Pada pandemi Covid-19, kita fokuskan pada BLT untuk membantu masyarakat, terdampak Covid-19. Kemungkinan di tahun depan bisa secara bertahap menjalankan infrastruktur yang belum rapih atau belum dijalankan.

“Jika anggaran desa tahun ini dipaksakan perapihan infrastruktur, maka tidak akan bisa. Karena, anggaran yang terserap, Semua untuk pemulihan ekonomi masyarakat dari mulai pandemi Covid-19 sampai dengan pasca pandemi Covid-19,” tutur Maskota.

Walau demikian kata maskota, Kita sudah mengatur ritme anggaran desa tersebut, bahkan sosialisasi yang dilakukan kemarin oleh Pak Sekda Pemkab Tangerang di Tiga Raksa.”Sudah kita jalankan sesuai amanah aturan yang berlaku,” ucap ketua APDESI itu kepada wartawan.

Ketika disinggung mengenai dugaan oknum Kepala Desa yang nakal, dengan anggaran desa, ia menegaskan, seluruh kepala desa yang ada di Kabupaten Tangerang mereka taat dan patuh dalam menjalankan penggunaan anggaran desa.

“Artinya tidak akan mungkin ada kepala desa yang berani menyalah gunakan dana desa tersebut,” tegas disampaikan oleh  maskota.

Diakhir maskota menjelaskan, dengan penataan keuangan yang ada saat ini.

“Saya rasa kepala desa sudah sesuai aturan dan tidak ada yang keluar jalur. Tetapi, saya ingatkan untuk seluruh kepala desa agar bisa menggunakan dana desa dengan bijak dan sesuai kebutuhan masyarakat,”tandas nya.

Jurnalis. : Buletintangerang.com
Oleh.       : Asep / Rohman

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini