PT BRI Cabang BSD Telah Memulai Penyaluran KUR Tahun 2023.

Pegawai BRI Cabang BSD Tangsel saat penyaluran KUR, Mikro dan KUR Super Mikro tahun 2023. (Foto Humas BRI – BSD)

BT.COM, TANGERANG SELATAN – Sejak Senin 6 Maret 2023. PT BRI (Persero) Tbk Cabang Bumi Serpong Damai (BRI – BSD) telah memulai penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) Mikro dan KUR Super Mikro tahun 2023.

“Khusus tahap awal pencairan pada Maret 2023, BRI secara Nasional dialokasikan KUR mencapai Rp 12 triliun,” ujar Fahmi, sapaan Pemimpin BRI KC (Kantor Cabang) BSD Tangerang Selatan (Tangsel) kepada Redaksi BT.Com. pada Jum’at 17 Maret 2023.

Menurut Fahmi, KUR merupakan pembiayaan kepada individu dan/atau kelompok usaha Produktif dan Layak, “Namun, belum memiliki agunan tambahan atau agunan tambahan belum cukup dengan istilah (unbankable), ” tukas nya.

Ia pun menjelaskan, Bahwa sesuai ketentuan dari pemerintah, terdapat perbedaan ketentuan penyaluran KUR tahun 2023 ini, dibandingkan dengan KUR pada tahun – tahun sebelumnya. antaralain:

1. Memiliki usaha yang LAYAK namun AGUNAN TAMBAHAN BELUM MENCUKUPI

2. Bertujuan untuk menambah MODAL KERJA atau INVESTASI (misal : menambah alat produksi, perluasan usaha)

3. Calon debitur KUR BRI adalah DEBITUR KUR BRI (EXISTING) ATAU Calon debitur BELUM PERNAH MENERIMA KREDIT/ PEMBIAYAAN SELAIN KPR, KKB (Kredit atau leasing kendaraan bermotor roda dua untuk tujuan produktif) , Kredit dengan jaminan SK Pensiun, Kartu Kredit, Resi Gudang kolektibilitas Lancar, Kredit konsumsi keperluan rumah tangga dari bank maupun Lembaga Keuangan non-bank sesuai dengan definisi pada peraturan perundang-undangan.

Sektor usaha yang dibiayai adalah : Pertanian, Perikanan, industri pengolahan, Kontruksi, hingga pertambangan garam Rakyat, Pariwisata, jasa dan perdagangan.

Fahmi mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah ikut berpartisipasi dalam pelaksanaan penyaluran KUR BRI yang dilaksanakan sejak awal bulan Maret 2023 tahun ini, penyaluran KUR BRI mendapatkan antusiasme yang tinggi dari masyarakat.

“Untuk persyaratan dan ketentuan penyaluran KUR BRI tahun 2023 mengacu Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Permenko) RI Nomor 1 Tahun 2023 tentang Pedoman Pelaksanaan KUR,” papar Fahmi melanjutkan keterangan nya.

Kendati, Suku bunga KUR BRI tahun 2023, terdapat sedikit perbedaan dengan tahun-tahun sebelumnya.

“Untuk KUR Super Mikro (plafond pinjaman s.d Rp 10 juta) suku bunga 3% efektif per tahun,”ujar nya

Sedangkan, KUR Mikro (plafond pinjaman > Rp 10 Juta s.d Rp. 100 juta) untuk yang baru pertama kali akan dikenakan bunga sebesar 6% efektif per tahun.

“Bunga akan naik menjadi 7% saat mengambil pinjaman KUR kedua kalinya. Kemudian naik 8% untuk pinjaman ketiga dan seterusnya sampai ke 9%.”Seraya Fahmi pun Menerangkan, bahwa Jangka waktu kredit untuk KUR Mikro dan KUR Super Mikro maksimal 3 tahun untuk kredit modal kerja, dan maksimal durasi 5 tahun untuk Kredit Investrasi,” ucap Fahmi

(Foto Humas BRI – BSD) Pedagang Sembako mendapat Penyaluran KUR, Mikro dan KUR Super Mikro tahun 2023 oleh BRI Cabang BSD Tangerang Selatan.

Saat ini, KUR BRI 2023 sudah dapat dilayani di seluruh BRI Unit dan Teras BRI dibawah supervisi Cabang BRI – BSD, antara lain :
1. BRI Unit Binong Tangerang
2. BRI Unit Bitung
3. BRI Unit Bojong Nangka
4. BRI Unit Bumi Serpong Damai
5. BRI Unit Curug Tangerang
6. BRI Unit Kelapa Dua
7. BRI Unit Legok
8. BRI Unit Rawabuntu
9. BRI Unit Serpong
10. BRI Teras Pasar Curug
11. BRI Teras Pasar Kelapa Dua
12. BRI Teras Pasar Serpong

“Sesuai yang diutarakan oleh CEO BRI, bahwa BRI adalah banknya rakyat, berbisnis dengan rakyat dan diproses dengan caranya rakyat. Keuntungan yang diperoleh akan dikembalikan ke rakyat dalam bentuk pajak dan dividen ” tukas nya

Diakhir ia menegaskan, ”KUR juga merupakan salah satu bentuk kontribusi nyata dari BRI dan Pemerintah untuk mendorong, meningkatkan perekonomian rakyat,” pungkas nya.

Jurnalis. : Rohman
Sumber. : BRI Cabang BSD

1 KOMENTAR

  1. Mantap sukses untuk BRI kanca BSD dan kantor unit supervisinya penyalur KUR Mikro tahun 2023 semoga dapat mengembangkan perekonomian masyarakat mikro mantaap cayoo…🥳🥳👏👏💚

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini