Polda Banten Gelar Apel Pasukan

Foto : Wakapolda Banten Brigjen Pol Drs. Ery Nursatari pimpin apel gelar pasukan Selasa 01/03).

Serang | Buletintangerang.Com Wakapolda Banten Brigjen Pol Drs. Ery Nursatari pimpin apel gelar pasukan Operasi Keselamatan Maung Tahun 2022 bertempat di Aula Serbaguna Polda Banten pada Selasa (01/03).

Hadir dalam kegiatan Danrem 064 Maulana Yusuf Brigjen TNI Yunianto, Danden Pom III/4 Serang Letkol Cpm Joko Murtiyono, Kadishub Provinsi Banten Tri Nurtopo, Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah VIII Provinsi Banten Handjar Dwi Antoro, Pejabat Utama Polda Banten, Kepala Jasa Raharja Cabang Banten Dodi Apriansyah dan Direktur PT Astra Infra Toll Road Sunarto Sastrowiyoto.

Dalam kesempatan ini Wakapolda Banten Brigjen Pol Drs. Ery Nursatari membacakan amanat Kapolda Banten,”Apel gelar pasukan dilaksanakan untuk mengetahui kesiapan personel maupun sarana dan prasarana guna pendukung pelaksanan operasi sehingga berjalan optimal sesuai dengan tujuan serta sasaran yang telah ditetapkan,” ucap Ery

Wakapolda Banten Brigjen Pol Drs. Ery Nursatari juga mengatakan,” Kita menyadari bahwa dalam mengatasi permasalahan bidang lalu lintas tidak bisa berdiam diri, kita wajib bertindak dan melakukan berbagai upaya diantaranya membina serta memelihara Keamanan, Keselamatan, Ketertiban dan Kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas) sesuai dengan Undang-undang nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan,” kata Ery.

“Diharapkan jajaran Polantas Polri mampu mempersiapkan langkah-langkah antisipasi baik secara taktis, teknis maupun strategi agar potensi pelanggaran, kemacetan serta kecelakaan lalu lintas yang terjadi dapat diminimalisir sehingga tercipta Kamseltibcarlantas yang baik, ” harap Wakapolda Banten.

“Selanjutnya seperti kita ketahui bahwa dalam mewujudkan Kamseltibcarlintas harus didukung dengan perilaku manusia yang memiliki disiplin yang memadai faktor manusia dapat dibagun memalui edukasi, sistem pengujian saat membuat Surat Izin Mengemudi (SIM) dan penegakan hukum serta tersedianya pendidikan keselamatan berlalu lintas,” tambah Ery.

“Wakapolda Banten menyampaikan tentang permasalah lalu lintas,” Permasalahan dibidang lalu lintas bukanlah persoalan sederhana, mulai dari masalah pelanggaran dan kemacetan sampai dengan kecelakaan lalu lintas yang terjadi setiap hari, berkaitan dengan hal itu Polda Banten beserta jajaran akan melaksanakan Operasi Keselamatan Maung Tahun 2022 yang akan dilaksanakan selama 14 hari terhitung mulai 1 sampai dengan 14 Maret 2022, Operasi diharapkan dapat mewujudkan budaya tertib berlalu lintas guna terciptanya situasi Kamseltibcarlantas yang produktif serta dapat memutus rantai penyebaran Covid-19,” ungkap Ery.

Diakhir, Wakapolda Banten menyampaikan beberapa penekanan,”Laksanakan kegiatan pembinaan, penyuluhan, sosalisasi, dengan cara membagikan brosur, leaflet, stiker, pemasangan spanduk atau baliho, laksnakan operasi di lokasi yang dijadikan sebagai titik kumpul masyarakat, cegah segala bentuk pelanggaran lalu lintas dengan cara humanis, laksanakan teguran simpati terhadap pelanggar dan laksanakan pendisiplinan kepada pengguna jalan dengan Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE),” tutup Wakapolda Banten.

Ketika ditemui pasca pelaksanaan apel gelar pasukan Kabag Binops Ditlantas Polda Banten AKBP Sujoko mengatakan,”Dalam pelaksanaan operasi mengedepankan tindakan preemtif dan preventif yang sifatnya pencegahan, namun apabila ada pelanggaran yang sudah melebihi kewajaran kami akan melakukan tindakan tegas berupa tilang,” ujar Sujoko.

Sujoko menjelaskan tentang sasaran operasi,”Adapun sasaran pelanggaran operasi yang menjadi prioritas yaitu penggunaan hp saat berkendara, mengemudikan kendaraan dibawah umur, berbonceng lebih dari satu orang, melawan arus lalu lintas dan ugal ugalan saat berkendara, tidak menggunakan safety bel, mengemudi dengan pengaruh alkohol serta penertiban Over Dimension Over Loading (ODOL),” tutup Sujoko. (man).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini