Pengesahan APBD-P 2022, Lobi-lobi DPRD ke Pemkot Tangsel Dalam Bentuk Rekomendasi

Foto : Walikota Tangsel Benyamin Davnie bersama Pimpinan DPRD menandatanggani kesepakatan APBD-P Tahun 2022

BULETIN TANGERANG.COM, TANGSEL – Sebelum pengesahan KUA PPAS APBD-P tahun 2022, DPRD Kota Tangsel terus melakukan lobi-lobi ke Pemkot Tangsel dalam bentuk rekomendasi seluruh komisi di DPRD Tangsel. Hal ini dilakukan guna penguatan komunikasi antara DPRD dengan Pemkot Tangsel saat pembahasan APBD Perubahan tahun 2022.

Ketua DPRD kota Tangsel Abdul Rasyid mengatakan, ada beberapa rekomendasi dari komisi di DPRD terkait pembahasan anggaran APBD-P tahun 2022. salah satunya, pria yang akrab Ocil ini mencontohkan, santunan kematian yang sifatnya buat kepentingan masyarakat.

“Jadi dalam PP nya kan Badan Anggaran (Banggar) harus berkonsultasi dengan komisi. Hasil konsultasi dengan Komisi dibahas di badan anggaran kemudian kita minta tanggapan ke teman-teman OPD,” katanya beberapa hari yang lalu.

Sementara itu, Sekda Kota Tangsel Bambang Noertjahjo membenarkan bahwa ada beberapa rekomendasi seluruh komisi DPRD Tangsel. Bambang mencontohkan, rekomedasi tersebut yakni berkaitan dengan maksimalisasi tugas fungsi, menyerap aspirasi bagi hasil, menyoroti kinerja dan evaluasi masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) binaan.

“Iya ada rekomendasi komisi DPRD ke pemkot Tangsel. Secara umum seperti itu,”kata sekda.

Sekda menuturkan, memang ada berkaitan pembahasan persoalan yang dihadapi oleh OPD yang sebetulnya kita memang sudah tahu.

“Hanya kita mencoba melakukan pentahapan. Nah oleh kawan-kawan komisi dianggap pentahapannya bisa dilakukan secara lebih cepat dengan memberikan tanda-tanda prioritas misalkan seperti itu. Itu yang kita lakukan. Alhamdulillah pada dasarnya semua sudah bersepakat dengan apa yang kita sudah bahas,” ujarnya.

Diketahui, hari ini DPRD Kota Tangsel melaksanakan sidang paripurna dengan agenda pengesahan dan penandatanganan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) APBD Perubahan tahun anggaran 2022, diruang rapat paripurna DPRD Kota Tangsel, Sabtu (13/8/2022).

Dalam pengesahan APBD-P, DPRD dan Pemkot Tangsel sepakat menaikan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Tangsel sebesar Rp 1,752 menjadi Rp 1,767. Sementara Pendapatan Transfer Rp 1,705 menjadi Rp 1,713. Untuk Belanja Daerah Rp.3,922 triliun menjadi Rp 3,945 triliun jadi ada penambahan Rp 23 miliar secara total pendapatan.(Ded)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini